Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bidang Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Ngawi mengadakan Pelatihan Pasca Panen Buah dan Sayur yang dilaksanakan di Gedung Notosuman Selasa, 10 September 2024. Peserta pelatihan adalah petani milenial dan UMKM muda Kabupaten Ngawi.

Kegiatan pasca panen buah dan sayuran merupakan salah satu aspek penting dalam usahatani yang memerlukan perhatian khusus. . Karena, proses penanganan pascapanen yang tepat menjadi kunci utama. Beberapa penanganan pasca panen yang perlu diperhatikan seperti pembersihan dari kotoran, sortasi dan grading, serta pengemasan.

Pelatihan ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas dan daya saing produk. Salah satu materi yang menarik adalah tentang pengolahan dan pengemasan buah dan sayur. Peserta diajak mencoba mengolah buah dan sayur untuk membuat produk lebih menarik, tahan lama dan meningkatkan nilai jual suatu produk.

Tujuan diadakannya pelatihan pasca panen buah dan sayur adalah untuk mengenalkan cara pengolahan buah dan sayur menjadi produk yang bernilai jual dan meningkatkan kompetensi petani dan pelaku usaha. Tujuan utama penanganan pasca panen adalah mempertahankan kualitas buah/sayur dalam tampilan, tekstur, rasa dan nilai gizinya, melindungi keamanan pangan dan mengurangi kerugian antara panen dan konsumsi.