Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi melalui Bidang Perkebunan dan Hortikultura melaksanakan Sosialisasi dan Pembinaan Kelompok, dalam acara ini turut mengundang APTI Kabupaten Ngawi, Koordinator PPL Kecamatan, dan Kelompok Tani Tembakau (24/4/2024)

Sosialisasi dilaksanakan untuk memotivasi petani tembakau agar semangat lagi untuk menanam kembali tembakau, karena beberapa tahun belakang petani tembakau di kabupaten ngawi mengalami kemacetan karena cuaca. Tahun ini petani tembakau mendapatkan kesempatan pasar besar, karena tahun 2023 salah satu PT mulai masuk ke Kabupaten Ngawi. Sehingga dari OPD dan APTI ingin petani tembakau semangat lagi untuk menanam dan akan dikawal, dibantu, dan didampingi semaksimal mungkin.

Pada tahun 2024 ini Bupati Ngawi menghendaki agar tembakau ngawi yaitu purwosoto berjalan dan DBHCHT berjalan. Keinginan tersebut juga disediakan tempat untuk stock tembakau dan juga banyak investor yang masuk, sehingga harga akan kompetitif memungkinkan mengalami kenaikan. Dilihat potensi tembakau dikabupaten ngawi juga sangat besar yaitu 2 Ton/Ha.

Harapannya petani tembakau semangat menanam tembakau kembali, dan diharapkan dengan hasil yang melimpah tanaman tembakau membawa kesejahteraan kepada petani.