Apakah Traktor Roda 2 yang biasa ditemui di sawah sama halnya dengan cultivator? Mungkin bagi sebagian orang yang tidak mengikuti perkembangan alat dan mesin pertanian bingung dan belum mengetahui apa itu cultivator. Berbeda dengan traktor roda 2 yang dapat digunakan di lahan sawah yang berair, Cultivator merupakan salah satu peralatan pertanian modern yang digunakan untuk mengolah lahan sekunder dan tanah yang tidak tergenang air, atau biasa digunakan oleh petani holtikultura (lahan kering) seperti budidaya tembakau, bawang merah, cabai, jagung, sayur-sayuran dan lain-lain. 

cakarbaja | Quick Traktor

Cultivator merupakan traktor kecil atau traktor mini dengan gerak motor bensin rata-rata 5,5 HP – 6,5 HP tergantung tipe tanah tempat penanaman. Cultivator terdiri dari beberapa bagian penyiang mekanis yang di desain di sisi kanan dan kiri serta di bagian belakang. Peralatan ini memiliki pisau/blade/rotary atau cakar yang terletak pada poros as utama. Pisau ini digunakan untuk mencacah tanah sekaligus untuk berjalan kedepan. Selain itu terdapat ridger yang dipasang pada bagian belakang dari pisau yang berguna untuk membuat guludan atau bedengan atau pembumbunan. Ridger hanya bermanfaat membuat parit di tanah yang telah dicacah sebelumnya oleh pisau rotary. Tidak sama halnya dengan mata bajak atau singkal atau luku yang berfungsi untuk membalik tanah.

Manfaat Cultivator antara lain: 

  • untuk penyiangan dan memberantas tanaman pengganggu seperti gulma atau rumput;
  • untuk membuat guludan/ bedengan;
  • untuk memperbaiki aerasi tanah dan mempertahankan kadar lengas tanah;
  • untuk memacu kerja mikroorganisme lebih aktif;
  • untuk mengembangkan penyediaan unsur hara dalam tanah;
  • untuk menggemburkan tanah agar penetrasi akar tanaman pokok lebih mudah

Penggunaan cultivator dapat mengefisiensi waktu dalam pengolahan lahan daripada pengolahan tanah yang masih dilakukan dengan cara manual yaitu menggunakan cangkul. Selain waktu, penggunaan alat mesin pertanian ini terdapat efisiensi biaya usaha tani, serta dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian. 

Sumber:

https://cybex.pertanian.go.id/Alat-Mesin-Pertanian-Cultivator/

http://digilib.unimed.ac.id/

https://petaniquick.com/apa-kegunaan-cultivator