Era saat ini, pemaksimalan lahan pertanian amatlah penting dilakukan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Sistem Mina Padi merupakan salah satu inovasi dalam memaksimalkan lahan pertanian terutama untuk komoditas padi. Sistem Mina Padi itu sendiri adalah teknologi tepat guna dalam rangka optimalisasi produktifitas lahan sawah melalui integrasi budidaya ikan dengan padi.

Penarapan Mina Padi dilakukan di lahan Bapak Sumarwan selaku anggota Kelompok Tani Ngudi Makmur Desa Banjaransari Kecamatan Padas. Ketertarikan Bapak Sumarwan terhadap Mina Padi tidak terlepas dari informasi yang disampaikan oleh PPL bahwa sistem Mina Padi dapat memberikan keuntungan terhadap usahatani yang dikelola. Penaburan sebanyak 1000 ekor ikan nila dan 1000 ekor ikan tombro dilakukan pada tanggal 12 September 2022 di lahan Bapak Sumarwan. Adapun bentuk kolam yaitu keliling, dimana caren berada di 4 sisi lahan padi dengan lebar 1 – 2 meter dan kedalaman 0,5 – 1 meter.

Sistem minapadi merupakan konsep budidaya yang mengintegrasikan antara budidaya ikan dan tanaman padi dalam suatu sistem budidaya, terdapat hubungan timbal balik yang menguntungkan antara ikan dengan padi, dimana ikan dapat menyediakan nutrisi bagi padi serta menyediakan pupuk dan memperbaiki struktur tanah melalui hasil metabolisme (feses) dan sisa pakan yang tidak terkonsumsi, sedangkan padi menyediakan oksigen dan tempat perlindungan bagi ikan. Selain itu, keuntungan sistem Mina Padi yaitu:

  1. Meningkatkan produksi padi dari 5 – 6 ton/Ha/ panen menjadi 8 – 10 ton/Ha/panen. 
  2. Efisiensi penggunaan pupuk, bibit padi dan pakan ikan. 
  3. Efisiensi pemanfaatan lahan padi 80%. 
  4. Tambahan pendapatan petani 15 – 60 juta/Ha. 
  5. Padi bebas pestisida dan menghasilkan produk organik. 
  6. Resiko rendah dari serangan hama. 
  7. Mempercepat perbaikan lingkungan.
  8. Mudah melakukan pengaturan air irigasi. 
  9. Memperbaiki kesuburan dan tekstur tanah. 
  10. Meningkatkan pendapatan petani.

Harapan penerapan Mina Padi di Desa banjaransari adalah sebagai percontohan bagi petani sekitarnya dalam meningkatkan kapasitasnya guna memaksimalkan ketersediaan lahan dengan mengusahakan 2 komoditas yaitu padi dan ikan. Dengan itu, pendapatan petani akan meningkat dan tujuan akhir yaitu kesejahteraan juga meningkat.  

Sumber: 

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan Dan Perikanan. 2018. Budidaya Ikan Sistem Minapadi. https://kkp.go.id/an-component/media/upload-gambar-pendukung/DJPB/Leaflet/minapadi.pdf