Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi melalui Bidang Tanaman Pangan bersama Direktur Perlindungan Tanaman Pangan, Dr. Rachmat, S.Si, M.Si dan jajarannya melaksanakan Gerakan Tanam Padi Bersama dalam rangka Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi dan Ketahanan Pangan Nasional. Pelaksanaan Gertam Padi dilaksanakan di Desa Beran, Kecamatan Ngawi (11/10/2024). Gertam padi dilaksanakan sebagai salah satu upaya yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi untuk menggenjot pertanaman padi di Kabupaten Ngawi.


Sebagai salah satu wilayah yang selalu dialiri air yang bersumber dari berbagai sungai yang melintas, Kabupaten Ngawi memiliki kemampuan untuk melakukan percepatan tanam sehingga diharapkan dapat memberikan produksi padi yang baik sehingga dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan khususnya di Kabupaten Ngawi dan sekitarnya. Salah satu kendala yang dimiliki Kabupaten Ngawi yaitu maraknya serangan hama tikus yang hampir menyerang di seluruh kawasan Kabupaten Ngawi, mulai dari serangan yang rendah hingga serangan yang cukup berat.


“Berkaitan dengan kendala serangan tikus, diharapkan segera dilaksanakan rencana tindak lanjut bersama POPT dan PPL yang akan dibantu Direktorat Perlindungan Tanaman sehingga permasalahan mengenai hama tikus dapat segera diatasi”, ujar Dr. Rachmat, S.Si., M.Si.
Direktur Perlindungan Tanaman Pangan turut memberikan apresiasi kepada Kabupaten Ngawi sebagai kabupaten dengan inovasi bidang pertanian yang banyak diadopsi oleh kabupaten lain, mulai dari peran Pemerintah Daerah yang bersinergi dengan Pemerintah Desa dalam memaksimalkan anggaran desa di bidang pertanian hingga upaya-upaya pengendalian hama dan penyakit yang ada di Kabupaten Ngawi.