Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian melaksanakan kegiatan Tanam Bibit Alpukat Menuju Ngawi Kampung Alpukat “Kesabaran Berbuah Teladan” pada hari senin, 28 November 2022 bertempat di Kayangan Desa Brubuh Kecamatan Jogorogo. Bekerja sama dengan BPP Kecamatan Jogorogo dan Pemdes Brubuh.

Untuk mendukung pengembangan tanaman hortikultura di Kabupaten Ngawi  Pemerintah Kabupaten Ngawi mempunyai program perintisan pembentukan kampung alpukat karena kabupaten ngawi berpotensi tanaman alpukat di 10 kecamatan dengan luas 21647 Ha. Dalam kegiatan tanam bersama bibit alpukat menuju kampung alpukat di hadiri oleh Wakil Bupati Ngawi Bapak Dwi Rianto Jatmiko, M.H., M.Si. beserta OPD terkait. Untuk mendukung kegiatan perintisan kampung alpukat di Desa Girimulyo dan Desa Brubuh maka Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Ngawi melalui Bidang Perkebunan dan Hortikultura memberikan bibit alpukat bersertifikat beserta penunjang pertumbuhan bibit tanaman kepada gapoktan Giri Bangkit di Desa Girimulyo dan Gapoktan Sido Arum di Desa Brubuh.

Pelaksanakan tanam bersama bibit alpukat ini turut menghadirkan hiburan musikalisasi puisi tarian kontemporer yang ditampilkan oleh pemdes brubuh. Kemudian dilanjutkan Wakil Bupati Ngawi menyerahkan bibit alpukat sebagai simbol Menuju Ngawi Kampung Alpukat kepada ketua Gapoktan Sido Arum di Desa Brubuh dan Ketua Gapoktan Giri Bangkit di Desa Girimulyo. Kegiatan tanam bersama ini agar para petani tidak hanya menanam saja tetapi juga merawat dan memelihara bibit buah alpukat sesuai dengan teknis budidaya yang dianjurkan dan akan menjaga sampai pohon alpukat berproduksi.

Dengan adanya perintisan kampung buah alpukat ini diharapkan beberapa tahun yang akan datang desa Girimulyo dan Desa Brubuh menjadi sentra tanaman buah alpukat dan menjadi berkembang menjadi  Desa Wisata. Saat ini pesona Desa Wisata mampu menarik masyarakat untuk datang dan menikmati pemandangan alam yang asri dan alami dengan nuansa pedesaan. Apalagi dengan adanya pengembangan buah alpukat maka akan memberi nilai tambah bagi Desa Wisata.  Wisatawan akan tertarik  untuk  datang  ke Desa Girimulyo dan Desa Brubuh selain untuk menikmati pemandangan alam yang indah juga untuk membeli dan menikmati  buah alpukat. Dengan berkembangnya kampung buah alpukat ini juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah dan meningkatkan penghasilan masyarakat yang akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.